Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh,- Sarapan pagi merupakan hal terpenting dalam memulai aktifitas di tengah-tengah kesibukan anda. Namun, tidak sedikit orang yang mengabaikan sarapan. Dikarenakan beberapa hal, seperti telat bangun tidur, sehingga pergi ke sekolah atau ke kantor dengan terburu-buru, lalu lupa dengan sarapan.
Membiasakan sarapan pagi akan membantu anda dalam hal kontribusi yang cukup besar untuk mensuplai nutrisi gizi bagi tubuh, contohnya bagi otak manusia. Dengan sarapan pagi, maka kita dapat mengisi kembali keperluan nutrisi yang habis sewaktu menjalankan rutinitas istirahat tidur malam. Maka dari itu, kita membutuhkan menu sarapan sehat untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh
Harus anda ketahui, sarapan sebenarnya modal energi pada diri kita untuk memulai aktifitas sepanjang hari, selain itu, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting, diantaranya yaitu :
  • Sumber energi awal
Energi yang kita butuhkan tentunya berasal dari makanan apalagi setelah berjam-jam tidak ada asupan sama sekali. Oleh karena itu, sarapan pagi juga harus di isi dengan menu sarapan sehat, seperti: Telur, ikan, ayam, nasi, roti, sereal atau oatmel, dan buah-buahan.
  • Menekan makan berlebih
Orang yang melewatkan sarapan pagi lebih cenderung cepat merasa lapar sehingga akan makan dengan porsi yang banyak ketika bertemu dengan makanan. Hal ini menyebabkan peningkatan kadr gula darah dan berat badan cepat naik.
Lain halnya ketika seseorang yang sudah sarapan di pagi hari, karena ia akan mendapatkan kestabilan metabolisme dan cenderugn untuk tidak mengkonsumsi banyak kalori selama sepanjang hari.
  • Mengurangi Lemak Perut
Jika seseorang sudah sarapan, maka besar kemungkinan ia tidak suka mengemil junk food secara berlebihan seperti permen dan soda sehingga mengurangi jumlah lemak perut dan mencegah kenaikan berat badan.
  • Meningkatkan Kerja Otak
Dengan sarapan pagi kita dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak dari peningkatan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi bahkan meningkatkan kewaspadaan. Karena otak kita membutuhkan glukosa dari makanan - karbohidrat sangat baik untuk berkerja dengan baik. Tidak sarapan pagi berarti energi otak akan berkurang, sehingga fungsinya dapat menurun. Oleh karena itu, sarapan sangat penting untuk para pelajar dan pekerja.
  • Tubuh yang kuat
Menu sarapan sehat dengan makanan tinggi protein akan memberikan energi sepanjang hari. Seperti kendaraan yang baru diisi bahakn bakar, baik energi untuk saat itu maupun sebagai cadangan. Hal ini membuat tubuh menjadi fit dan tak mudah lelah.
  • Nutrisi yang lebih baik
Sarapan menyediakan asupan total nordiks yang baik untuk sepanjang hari karena memberi kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penut nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin, dan serat yang sangat penting untuk membangun tubuh yang sehat dengan kebutuhan nutrisi yang selalu terpenuhi.
  • Mencegah Penyakit Maag
Sarapan pagi bermanfaat untuk mencegah penyakit maag dan mencegah kambuhnya sakit maag bagi mereka yang memang sudah memiliki penyakit ini. Karena sarapan akan membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Apalagi setelah lama lambung tak terisi makanan. Sebaliknya, bagi yang melewatkan sarapan pagi, maka lambung terlalu lama kosong sehingga dapat mengakibatkan rasa perih dilambung dan berpotensi menyebabkan sakit maag.
  • Mencegah diabetes
Studi menunjukkan bahwa orang yang sarapan memiliki 32% lebih kecil kemungkinan untuk terkena diabetes pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Hal ini, karena orang yang tidak srapan pagi akan lebih resisten terhadap insulin. Resisten insulin meningkatkan risiko terkena diabetes.

Betapa pentingnya sarapan untuk tubuh kita. Oleh karena itu, jangan lewatkan sarapan sehat setiap hari, karena banyak Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh. Selalu terapkan gaya hidup sehat alami masa kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar